7 PILIHAN OBAT BATUK SIRUP ANAK

Pedagang Besar Farmasi
5 min readAug 4, 2022

Obat batuk sirup anak yang direkomendasikan untuk anak dapat dengan mudah mendapatkannya di apotek. Harus diingat bahwa pemberian obat batuk pada anak harus sesuai dengan berat badan anak, di samping usia anak.

Sebelum melihat rekomendasi obat penekan batuk untuk anak, sebaiknya ibu juga mengetahui tips di bawah ini untuk memilih obat penekan batuk terbaik untuk anak.

TIPS MEMILIH OBAT BATUK SIRUP ANAK

Sebenarnya ibu tidak boleh asal-asalan dalam memilih obat batuk sirup anak untuk anaknya. Apalagi jika usia anak di bawah 5 tahun.Tentu saja, para ibu harus memperhatikan isinya. Sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter anak agar Anda tidak salah dalam mengambil keputusan. Berikut beberapa cara memilih penekan batuk untuk anak.

1. Cari tahu tentang riwayat kesehatan anak Anda.

Beberapa anak alergi terhadap bahan kimia tertentu.Biasanya ini mempengaruhi sistem tubuh Anda. Saat memilih obat batuk untuk anak, sebaiknya ibu berkonsultasi dengan dokter. Dokter tahu obat batuk yang tidak mengandung alergen untuk anak.

2. Hormati usia penggunaan obat batuk pada anak

Obat batuk sirup anak tidak boleh digunakan sembarangan pada usia berapa pun.Perhatikan informasi pada kemasan obat. Ikuti dosis sesuai usia. Jika berat badan anaknya di bawah atau di atas usianya, ibu harus berkonsultasi dengan dokter. Anak ibu dapat diberikan dosis yang berbeda dari yang tertera pada kemasan.

3.Ikuti rutinitas pemberian penekan batuk anak Anda

Jika Ibu ingin si kecil segera sembuh. Sebaiknya, ikuti aturan pemberian obat batuk pada anak. Misalnya harus diberikan 3 kali dalam 1 hari. Kemudian obat harus diminum selama 3 hari. Ibu ini harus patuh meski batuk anak sudah reda.Ini memungkinkan si kecil untuk pulih sepenuhnya.

4. Cari tahu dulu jenis batuk yang dialami anak

Setiap jenis obat batuk sirup anak memiliki penanganan dan pengobatan yang berbeda. Oleh karena itu, penting bagi ibu untuk mengetahui jenis batuk yang diderita anaknya. Sehingga anak bisa sembuh semaksimal mungkin.Perhatikan apakah anak mengalami batuk kering, batuk berdahak, atau batuk alergi.

5. Jangan berikan obat batuk dewasa pada anak

Sebaiknya jangan berikan obat batuk dewasa pada anak karena dosisnya dikurangi menjadi setengah dari dosis dewasa bukan? Kebutuhan anak-anak dan orang dewasa berbeda, dan kandungan obat batuk untuk orang dewasa juga berbeda dengan kandungan obat batuk untuk anak-anak.

REKOMENDASI OBAT BATUK SIRUP ANAK

1. Coparcetin Kid Cough Sirup

Coparcetin Kid Cough Sirup diberikan kepada anak untuk meringankan batuk berdahak yang disertai alergi dan menurunkan demam. Berikut dosis untuk anak: Anak 2–6 tahun: 3 kali sehari 1 sendok takar. Anak 6–12 tahun: 3 kali sehari 2 sendok takar. Atau menurut petunjuk dokter

2. Pim Tra Kol

Pimtrakol diberikan kepada anak untuk meringankan gejala gejala flu seperti demam, sakit kepala, hidung tersumbat dan bersin-bersin yang disertai batuk. Berikut dosis yang diberikan: Dewasa: 3–4 x sehari 15 mL. Anak 6–12 Tahun: 3–4 x sehari 10 mL. Atau menurut petunjuk dokter

3. Flucadex Sirup

Obat yang satu ini bisa jadi obat batuk pilek anak bahkan flu. Obat ini mampu meredakan demam, antihistamin dan antitusif. Kamu bisa memberikan obat ini sebelum atau sesudah makan, sesuai dengan dosis dan aturan pakai yang tertera di kemasananya.

berikut dosis yang diberikan: Dewasa dan anak >12 tahun: 3 x sehari 2 sendok takar. Anak 6–12 tahun: 3 x sehari 1 sendok takar. (1 sendok takar = 5 mL)

4. Unibebi Cough Sirup

Obat batuk anak Baby Cough Sirup sangat cocok untuk menyembuhkan batuk berdahak, batuk panas, batuk pilek, demam, dan flu yang disebabkan perubahan hawa atau musim atau alergi lain.

5. Anacetine

Anacetine Syrup ampuh untuk mengtasi gejala pilek dan flu, seperti batuk, demam, meriang, sakit kepala, bersin-bersin hingga hidung tersumbat. Karena menyebabkan kantuk, jangan memberikan obat ini ketika si kecil akan mengahadapi banyak aktivitas, seperti akan sekolah atau belajar.

berikut dosis yang diberikan: Anak 2–6 tahun : 3 kali sehari 5 mL sirup : anak 6–12 tahun : 3 kali sehari 10 mL sirup; dewasa : 3 kali sehari 20 mL sirup

6. Hufagrip BP

Jika anak memiliki gejala batuk disertai dengan pilek, yaitu batuk (umumnya kering) dan disertai dengan tenggorokan gatal juga hidung tersumbat, maka Ibu bisa memilih Hufagrip Batuk Pilek (BP) yang berwarna hijau.

berikut dosis yang diberikan:

Dewasa dan anak > 12 tahun: 3 kali sehari 2 sendok takar (10 ml)
Anak 2 -6 tahun: 3 kali sehari 1/2 sendok takar/teh (2,5 ml)
Anak 6–12 tahun: 3 kali sehari 1 sendok takar/teh (5 ml)

7. Coldrexin

Obat batuk, flu dan pilek ini mengandung zak aktif Acetaminophen, Phenylephrine, Chlorpheniramine malea, Kalii sulfoguaiacolas, alkohol dan syrup simplex. Pas digunakan untuk meredakan batuk dan gejala flu atau pilek lainnya seperti sakit kepala, demam, hidung tersumbat dan bersin-bersin.

berikut dosis yang diberikan: Dewasa : 3 x sehari 3 sendok takar (15 mL); Anak 6–12 tahun : 3 x sehari 2 sendok takar (10 mL); Anak 2–6tahun : 3 x sehari 1 sendok takar (5 mL)

--

--

Pedagang Besar Farmasi

Pharmacy wholesalers Melayani Penjualan, Pergudangan dan Pengiriman Produk Farmasi